Kalau Mobil Jarang Dipakai

November 14, 2007

Bagi sebagian warga komuter, menggunakan jasa kereta api cepat merupakan satu alternatif untuk menjangkau tempat beraktivitas dengan cara yang lebih hemat tenaga dan waktu. Namun, kendaraan di rumah otomatis hanya digunakan di akhir pekan atau malah lebih jarang lagi karena harus bepergian ke luar kota atau mancanegara dalam waktu lama. Jika hal ini yang terjadi, bukan tidak mungkin jika akhirnya banyak gangguan yang terjadi pada kendaraan.

Pasalnya, setiap komponen pada kendaraan memang telah didesain sedemikian rupa untuk pemakaian yang tepat. Hanya memarkirkannya di dalam garasi tidaklah menambah panjang usia pemakaian, tetapi bisa jadi sebaliknya. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama meninggalkan mobil di rumah.

1. Lindungi mobil dari terpaan sinar matahari dan hujan dengan menggunakan sarung mobil. Bukan berarti sarung mobil ini tak perlu lagi digunakan karena sudah diletakkan di dalam.garasi. Pasalnya, sarung tersebut dapat melindung bodi mobil dari debu maupun terkena goresan. Debu yang menempel dalam waktu lama pun dapat menyebabkan kondisi cat tidak lagi sempurna dan seiring berjalannya waktu membuat cat tak lagi mengilap.

2. Patut diketahui, karet wiper yang terus menempel pada kaca juga dapat mempercepatnya menjadi getas. Cara untuk menyiasatinya adalah dengan mengganjalnya menggunakan busa sehingga tidak menyentuh secara langsung.

3. Jika permukaan tempat parkir kendaraan miring, gunakanlah batu atau kayu sebagai pengganjal pada keempat ban. Hal ini untuk menjaga kondisi ban serta rem tangan agar tidak terjadi kelengketan antara minyak dan piringan rem.

4. Jika ditinggal dalam waktu lama, misalnya dua minggu, sebaiknya lepaslah aki. Komponen ini akan lebih cepat rusak jika tidak digunakan sama sekali. Pasalnya, cairan pada aki dapat mengendap sehingga tak ada setrum. Kelancaran komponen mesin lainnya juga terganggu, di antaranya pada sistem transmisi, rem hidrolik yang macet, atau klaher roda tidak berjalan sem purna karena tak lagi terlumasi.

Di samping itu, jika memungkinkan mintalah pada kerabat di rumah untuk memanaskan mobil setiap hari dan mengendarainya selama kurang lebih 15 menit agar seluruh komponen terlumasi dengan baik.

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: