Cara Pengobatan Yang Dianjurkan oleh Nabi Muhammad

November 16, 2007

“Gunakanlah oleh kamu Habbatussauda ini, karena sesungguhnya ia adalah penyembuh bagi segala penyakit, kecuali ‘as sam’ atau maut” (HR. Bukhori & Muslim)

Nigella Sativa
(Habbatussauda atau Jintan Hitam)
http://www.greensifautama.com

APA ITU NIGELLA SATIVA
Nigella Sativa tumbuh di berbagai belahan dunia, termasuk Saudi, Afrika Utara dan sebagian Asia. Nigella Sativa merupakan bunga fennel dari keluarga Ranunculaceae. Biji-biji Nigella Sativa ukurannya kecil dan pendek (panjang antara 1-2mm), hitam, berbentuk trigonal, memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.
Jenis Bunga Nigella Sativa ada dua macam, satu berwarna ungu kebirubiruan dan lainnya putih. Pertumbuhan bunga terletak pada bagian cabang, sementara itu daunnya saling tumbuh berseberangan secara berpasangan. Daun dibagian bawah bentuknya kecil dan pendek, sedangkan daun bagian atas lebih panjang (6 – 10 cm). Batang bunga tersebut bisa mencapai
ketinggian 12 -18 inchi.
Nigella Sativa adalah tumbuhan biseksual artinya dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri, membentuk sebuah kapsul buah yang mengandung biji. Saat kapsul buah matang, ia akan membuka dan biji yang ada didalamnya akan mengudara dan berubah menjadi hitam, sehingga disebut Biji Hitam (Black Seed). Dibeberapa negara dikenal dengan nama yang berbeda antara lain :

Indonesia Jintan Hitam Inggris Fennel Flower Mesir
Habat Et Baraka Italia Nigella Perancis Nigelle Jerman Nidella
Amerika Black Cumin / Black Seed Eropa Black Caraway

KLASIFIKASI NIGELLA SATIVA
Kingdom : Plantae Subkingdom : Traceabionta Divisi : Spermatophyta Subdivisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida dicotyledon Subkelas : Magnoliidae Ordo : Ranunculales
Famili : Ranunculalceau (buttercup) Genus : Nigella L. Species : Nigella Sativa Lin

SEJARAH NIGELLA SATIVA
Nigella Sativa pertama ditemukan di daerah Tutankhamen, Mesir dan memiliki peranan penting dalam praktek kehidupan Mesir Kuno. Tanaman ini tumbuh liar di negara-negara Mediterania, dan dikembangbiakkan di Mesir dan Siria. Raja-raja pada masa itu pasti sangat berhati-hati dalam menggunakan tanaman terbaik sebagai obat.
Dioscoredes, ahli fisika Yunani di abad ke satu, melaporkan bahwa Nigella Sativa dipakai untuk mengobati Sakit Kepala, Hidung tersumbat, sakit gigi, dan penyakit internis. Selain itu juga digunakan untuk membantu masa menstruasi dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu.
Tokoh Muslim, Al Biruni (973-1048), yang menggabungkan obat-obatan leluhur India dan Cina menyebutkan bahwa Nigella Sativa adalah sejenis biji-bijian yang digunakan sebagai bahan nutrisi di abad ke 10 dan 11 Masehi.
Dalam sistem pengobatan di Greco-Arab/Unani-Tibb, yang berasal dari Hippocrates, Galen dan Ibnu Sina, Nigella Sativa merupakan penyembuh yang sangat bernilai dalam mengobati difungsi pencernaan dan hepatitis yang digambarkan sebagai stimulan untuk kondisi-kondisi berbeda, dan pereda demam tinggi.
Ibnu Sina (980-1037), dalam karya terbesarnya “The Canon of Medicine”, yang dianggap banyak orang sebagai buku paling terkenal di dunia kedokteran, baik di Timur atau di Barat, menyatakan Nigella Sativa bermanfaat “Menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat”.
Berbagai penelitian memberikan bukti bahwa Nigella Sativa nyata dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika digunakan sepanjang waktu.
Referensi Nabi SAW mendeskripsikan bahwa Nigella Sativa atau Habbatussauda sebagai “Penyembuh Segala Penyakit kecuali Kematian”. Habbatussauda juga termasuk dalam daftar obat-obatan alamiah dalam buku al-Tibb al-Nabawi (Pengobatan Cara Nabi SAW).
Di negara-negara Timur Tengah dan Timur Jauh selama berabad-abad
menggunakan Nigella Sativa untuk mengobati penyakit ringan termasuk asma dan bronkhitis, rematik dan luka radang, meningkatkan produksi susu ibu hamil, mengobati gangguan pencernaan, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatlkan kemampuan perncernaan dan pembuangan, dan melawan infeksi parasit. Minyaknya digunakan untuk mengobati penyakit kulit, seperti eksim, dan luka radang serta mampu mengobati gejala meriang.
Sungguh banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari Nigella Sativa ini sehingga tidak mengherankan apabila ia populer disebut dengan “the seed of blessing” / “Habbatu barakah”, yang artinya “biji-bijian yang mengandung rahmat”.

KANDUNGAN NIGELLA SATIVA
Kandungan Nutrisi Nigella Sativa selain membangunan sistem kekebalan tubuh sepanjang hari, juga menyediakan sumber yang optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.
Nigella Sativa kaya akan kandungan Nutrisi Monosakarida (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose dan arabinose yang dengan mudah dapat diserap oleh tubuh sebagai sumber energi, juga mengandung non-starch polisakarida yang berfungsi sebagai sumber serat yang sangat berguna untuk diet.
Lima belas asam amino pembentuk protein, delapan diantaranya asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh, dimana tubuh tidak dapat mensistensisnya sendiri sehingga perlu asupan dari luar.
Kandungan Arginin didalamnya sangat penting untuk masa pertumbuhan, analisis kimia lanjutan menemukan bahwa ia mengangung Karotin, yang diubah menjadi Vitamin A oleh Liver.
Nigella Sativa juga sebagai sumber Kalsium, Zat Besi, Sodium dan Potassium yang berperan penting dalam membantu peran Enzim. Ia juga mengandung Asam Lemak, terutama Asam Lemak Esensial tak jenuh (Asam Linoleic dan Linolenic). Asam Lemak Esensial terdiri dari Asam Alfa-Linolenic (Omega-3) dan Asam Linoleic (Omega-6) sebagai pembentuk sel yang tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh sehingga harus mendapat asupan atau makanan
dari luar yang memiliki kandungan Asal Lemak Esensial yang tinggi.
Daftar dibawah ini menunjukkan komposisi biji dan minyak Nigella Sativa dengan kandungan aktif, nutrisi dan lainnya sbb :

KOMPOSISI NUTRISI BIJI NIGELLA SATIVA
Protein 21%
Karbohidrat 35%
Lemak 35-38%

KOMPOSISI MINYAK
ESENSIAL (1,4%)

MINYAK NIGELLA SATIVA
Carvone 21,1%
Alfa-PInene 7,4%
Sabinene 5,5%
Beta-Pinene 7,7%
P-Cymene 46,8%
Ohters 11,5%

NUTRISI MINYAK NIGELLA SATIVA
Protein 208 ug/g
Thiamin 15 ug/g
Riboflavin 1 ug/g
Pyridoxine 5 ug/g
Niacin 57 ug/g
Folacin 610 IU/g
Calsium 1,859 mg/g
Iron 105 ug/g
Copper 18 ug/g
Zinc 60 ug/g
Phosphorus 5,265 mg/g

ASAM LEMAK MINYAK NIGELLA SATIVA
Myristic Asam (C14:0) 0,5%
Palmitic Asam (C16:0) 13,7%
Palmitoleic Asam (C16:1) 0,1%
Stearic Asam (C18:0) 2,6%
Oleic Asam (C18:1) 23,7%
Linoleic Asam (C18:2) (Omega-6) 57,9%
Linelenic Asam (C18:3n-3 (Omega-3) 0,2%
Arachidic Asam (C20:0) 1,3%

ASAM LEMAK JENUH DAN TAK JENUH MINYAK NIGELLA SATIVA
Saturated Acid 18,1 %
Monounsaturated Acids 23,8 %
Polyunsaturated Acids 58,1 %

KAJIAN ILMIAH

Prof. Dr. Hildebert Wagner dari Institute Biologi Farmasi, Munchen, Jerman “Nigella Sativa mengandung minyak eter yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi masalah usus”

Dr. Peter Schleicher, Immunolog, Munchen, Jerman “Nigella Sativa terbukti menyembuhkan 70% pasien alergi, termasuk di dalamnya alergi serbuk dan debu. Selain itu juga menyembuhkan jerawat, neurodermitis (penyakit kulit), asma, dan melemahnya daya kekebalan tubuh”.

Prof. Dr. Michael Meurer, Klinik Dermatologi Munchen, Jerman “Minyak tanaman Nigella Sativa berkhasiat tidak hanya pada asma, tetapi juga pada neurodermitis”.

Prof. Dr. Walter Dorsch, Munchen, Jerman “Mengkonsumsi Nigella Sativa sangat berkhasiat karena kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang tinggi”.

Dr. Lutz Bannasch, Munchen, Jerman “Terapi yang efektif untuk mengatasi alergi adalah dengan mengkonsumi asam lemak tak jenuh dari minyak dari Nigella Satifa”.

Peneliti dari Universitas Carolina Utara, Amerika Serikat “Ekstrak Nigella Sativa berkhasiat sebagai antitumor dan tanpa efek samping seperti yang terjadi pada kemoterapi dan penyinaran”.

Dr. Stanley Kopok, Universitas Arizona, Amerika Serikat “Nigella Sativa memiliki peranan yang sangat penting terhadap pencegahan tumor.
Pengunaan minyak Nigella Sativa dalam waktu lama bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pembelahan sel”.

Artikel terkait : Habbatussauda Dan Kegunaannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: