Manfaat Lain Dari ASI

November 16, 2007

Para ibu hendaklah menyusukan anaknya selama 2 tahun penuh yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan….”(Q.S. ALbaqoroh:233)

Peran ASI bagi ibu
ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi,tapi juga mendukung kesehatan ibu, diantaranya sbb:
1.mencegah pendarahan pasca persalinan dan mempercepat pulihnya kembali rahim ke bentuk semula.
2.menunda masa subur,dengan syarat bayi belum diberi makanan lain,usia bayi kurang dari 6bln& belum haid.
3.menurunkan resiko anemia4.menimbulkan perasaan dibutuhkan5.mengurangi kemungkinan Ca mammae& ovariummanfaat ASI bagi bayi1.komposisi sesuai kebutuhan2.kalori dari ASI memenuhi3.ASI mengandung zat pelindung
4.perkembangan psikomotorik anak lebih cepat
5.menunjang perkembangan kognitif
6.menunjang perkembangan penglihatan
7.memperkuat ikatan bathin ibu dan anak
8.dasar perkembangan emosi yang kuat
9.dasar perkembangan kepribadian yang percaya diri

PLUS,nya ASI
*mudah pemberiannya
*ASI selalu tersedia dalam suhu yang sesuai,tidak perlu memasak air,mencuci botol dsb*menghemat biaya rumah tangga
*ASI tidak perlu dibeli
*mengurangi biaya pengobatan

Artikel Tambahan:

Ada pengalaman menarik dan bermanfaat yang baru saja dialami oleh sepupunya suami saya yaitu tentang manfaat ASI (Air Susu Ibu) sebagai obat tetes mata. Kejadian bermula saat anak sepupu yang masih kecil matanya kesiram oleh Porstex (pembersih lantai) yang kita semua tau jika mata terkena cairan sejenis bisa menimbulkan kerusakan mata bahkan sampai buta (na’udzubillah)…..secepatnya sepupu suami tsb mengeluarkan ASI (kebetulan baru melahirkan bayi 2 bln yg lalu) dan meneteskannya ke mata anak sulungnya tsb. Hasilnya sungguh SUBHANALLAH ALLAHU AKBAR mata anaknya sepupu tsb lgsg sembuh dan cairan porstex yang masuk ke mata lgsg keluar dalam bentuk kotoran mata (bhs kerennya belek) dan sampe skrg mata anaknya sehat walafiat dan gak perlu ke dokter lagi.Setelah mendengar pengalaman berharga tsb, kakaknya yg kebetulan juga punya bayi yg masih minum ASI jadi rutin meneteskan ASI ke dlm mata bayinya dan anak2nya yg lain dan hasilnya mata jadi lbh bening dr sblmnya.Berhubung saya lagi hamil, suami mengingatkan saya utk kelak jgn lupa meneteskan anak kami Insya Allah jika sudah lahir nanti dgn ASI supaya mata anak kami bersih dan sehat. Oh ya, saya mau tanya ke teman2 apakah benar ASI bisa dijadikan sbg obat tetes mata dilihat dari segi medis? Karena pengalaman sepupunya suami tsb membuktikan kalo ASI bisa jadi obat tetes mata. Apakah kasus serupa pernah dialami oleh teman2 sekalian ato dialami oleh kerabat teman2? Silakan sharing juga ya…karena saya baru tau sekarang nih ttg kegunaan ASI sbg obat tetes mata.

Program ASI eksklusif punya andil yang besar menciptakan kedekatan ibu-anak. “ASI itu benar-benar keajaiban Allah yang telah menciptakan perempuan untuk melahirkan dan menyusui,” tutur Etty yang memberikan ASI-nya selama 2 tahun untuk setiap anak. Hanya anak kedua saja, Nisa, yang harus berhenti mendapatkan ASI di usia 1 tahun karena kesundulan (adiknya sudah keburu lahir). ASI, menurutnya, menjadikan daya tahan anak-anaknya bagus sehingga jarang sakit. Selain itu masih banyak manfaat lainnya. Salah satunya sebagai obat yang telah dibuktikannya sendiri pada peristiwa yang menimpa anak pertamanya, Lia. Saat itu, Etty mengaku masih belum tahu banyak tentang cara mengurus anak. Ceritanya, ia sedang asyik mengobrol dengan teman. Sementara Lia yang masih berusia 6 bulan tengah bermain di atas baby walker-nya. Tiba-tiba, si kecil menarik kabel alat pemanas air yang menjuntai ke bawah. Karuan saja wajahnya langsung tersiram air panas dan memerah seperti kepiting rebus. Etty sangat panik, takut wajah anaknya cacat. Ia tak tahu harus berbuat apa dan hanya mampu menangis. Beruntung temannya segera menyadarkan dan menyuruh Etty membaluri seluruh wajah Lia dengan ASI. Cepat-cepat ia memerah ASI sebanyak mungkin dan membasahi wajah buah hatinya dengan ASI. Ajaib. Dalam waktu 2 jam, kulit wajah Lia yang kemerahan dan melepuh itu berhasil dipulihkan. “Allah memang adil. Untuk membandingkan, ada satu bagian kecil di dahi dekat alisnya yang melepuh dan merah. Mungkin terlewat saat dibaluri. Saya benar-benar merasakan kehebatan ASI,” kenangnya. Sejak peristiwa itu, Etty selalu menjadikan ASI sebagai pertolongan pertama bila ada anaknya yang terluka. Anak ketiganya, Abdurahman, pernah juga merasakan kehebatan ASI. Suatu hari kepalanya terbentur besi beton sampai mengeluarkan banyak darah. Perdarahan berhasil dihentikan dari lukanya hanya dengan dibaluri ASI. “Anak-anak sampai hafal kalau luka itu obatnya ASI.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: