Sehat dengan Madu

November 21, 2007

Sehat dengan Madu
Oleh Prof Hembing Wijayakusuma

Berbicara tentang madu sepertinya sudah tak asing lagi. Madu adalah hasil lebah dari sari bunga.
Madu murni berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Madu merupakan salah satu jenis pemanis, selain juga memiliki daya antiseptik serta efek laksatif ringan.

Madu juga mengandung berbagai zat mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan. Mineral dalam madu antara lain adalah zat besi, tembaga, silikon, khlor,kalsium, potasium, fosfor, aluminium, dan magnesium.

Kadar mineral pada madu berbeda-beda, tergantung pada sumber- sumber mineral tanah di mana tumbuhnya bunga yang disedot oleh lebah-lebah untuk dibuat menjadi madu.

Madu dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik tua maupun muda, bahkan anak usia balita (bawah lima tahun). Namun harus diingat, madu yang baik adalah madu murni.

Manfaat madu bagi bayi balita antara lain adalah untuk membantu pertumbuhan tubuh, berkhasiat bagi pengembangan otak dan kecerdasannya. Sejak masih dalam kandungan pun madu sangat baik diberikan melalui ibunya, tapi jangan berlebihan. Zat gula yang mudah diserap oleh tubuh melancarkan pencernaan, menghindarkan kejang (kholik) pada bayi, meningkatkan kecerdasan,mengatasi kebiasaan mengompol, tidur lebih nyenyak, mengatasi batuk, mengatasi gangguan pernapasan, menyuburkan rambut, sembelit dan lain-lain.

Zat-zat yang terkandung dalam madu, antara lain: air, levolusa (d-fruktosa),dekstrosa (d-glukosa), sukrosa, dekstrin, protein, acid-acid tumbuham, garam-garam galian, gum, resin, debunga, tinggi vitamin C dan mengandung semua vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain juga kaya akan mineral-mineral seperti zat besi, tembaga, siliko, khlor, kalsium, potasium, sodium, fosfor dan aluminium.

Manfaat madu bagi kesehatan, yaitu, gangguan paru-paru, tukak lambung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kecerdasan, sakit perut, batuk, selesma, pegal linu, sakit pinggang, kaku pada leher, rematik, pengapuran, sembelit,memperlancar buang air kecil, menyuburkan rambut, sakit kepala dan meningkatkan stamina.

Pemanfaatan madu dapat dikombinasikan dengan bahan obat alamiah, misalnya jamur, air rebusan maupun dengan cara diblender atau jus.

Madu sebagai obat dapat digunakan untuk mengatasi tukak lambung. Caranya,ambil 60 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc lalu disaring, ditambahkan 60 cc madu, aduk rata dan diminum 1-2 kali sehari.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, gunakan 50 gram biji wijen direbus dengan 200 cc air hingga mendidih kemudian diangkat dan disaring lalu masukkan 60 cc madu, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Madu juga baik untuk mengatasi sakit pinggang, gunakan 30 gram daun kucai dan 25 gram jahe diiris-iris kemudian dijus, tambahkan 60 cc madu, aduk rata dan diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan bisa menggunakan seperempat jeruk lemon,9 buah strawberi dipotong-potong dan dijus. Tambahkan madu 60 cc, aduk rata dan diminum 2 kali sehari.

Madu juga baik untuk meningkatkan stamina, ambil 20 gram biji teratai yang telah direndam hingga lembut, 20 gram labu putih yang sudah dipotong-potong, 60 cc madu kemudian direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, kemudian diminum selagi hangat, biji teratainya dimakan.

Untuk mengatasi batuk gunakan 30 gram rambut jagung, 25 gram daun kumis segar,20 gram daun sendok segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.Saring lalu tambahkan 60 cc madu dan diminum.

Madu murni dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dengan mengkonsumsinya secara teratur minimal 1 sendok makan setiap hari.

[Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan tradisional dan akupunktur; Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional & Akupunktur se-Indonesia (Hiptri)]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: