5 Langkah Meningkatkan Profit

Desember 6, 2007

Bagi anda yang memiliki bisnis, maka terapkanlah 5 langkah ini pada bisnis anda, maka anda akan dapat meledakkan profit anda diakhir bulan ini.

Seringkali para pemilik bisnis berpikir bahwa untuk meningkatkan profit/keuntungan maka mereka harus menaikkan jumlah pelanggan mereka dan omset mereka / total pendapatan kotor mereka. Anggapan ini adalah salah, karena profit, omset dan pelanggan sebenarnya adalah hasil akhir yang tidak dapat anda ubah bila anda tidak mengubah kelima langkah lainnya. 5 langkah itu adalah:

Calon Pelanggan x Tingkat Konversi = Jumlah Pelanggan

Jumlah Pelanggan x Jumlah Transaksi x Rata-rata Belanja = Omset

Omset x Margin = Keuntungan (Profit)

Tulisan yang ditebali (bold) adalah hasil perkalian dari tulisan merah. Dalam bisnis, anda hanya dapat mempengaruhi langkah-langkah yang ditulis merah, yaitu Calon Pelanggan, Tingkat Konversi, Jumlah Transaksi, Rata-rata Belanja, dan Margin.

Calon Pelanggan adalah setiap orang yang telah mampir ke toko anda, namun mereka belum membeli. Mereka juga adalah orang-orang yang telah menelepon ke toko anda dan meminta penjelasan tentang produk anda, atau merespon email-email promosi anda…tetapi mereka belum membeli. Bila dengan calon pelanggan yang ada saat ini anda dapat menghasilkan cukup banyak penjualan, banyangkan bila calon pelanggan yang datang dapat anda tingkatkan jumlahnya.

Tingkat Konversi adalah persentase calon pelanggan yang akhirnya membeli pada anda. Sebagai contoh, bila saat ini datang 10 orang ke toko anda, kemudian 3 orang membeli, maka tingkat konversi anda adalah 3 %. Maka mulai sekarang cobalah hitung berapa tingkat konversi toko anda yang sesungguhnya. Bila ternyata rendah, maka anda harus bergembira, karena coba anda bayangkan, berapa banyak potensi keuntungan yang dapat anda raih bila anda berhasil menaikkan tingkat konversi anda.

Jumlah Transaksi adalah berapa banyak pelanggan yang sama kembali ke toko anda untuk berbelanja dalam 1 tahun. Sebagai contoh, Bapak Seno dalam 1 tahun berbelanja ke toko anda sebanyak 2 kali. Maka anda dapat melakukan upaya-upaya agar Bapak Seno dapat berbelanja lebih sering lagi ke toko anda dalam 1 tahun.

Rata-rata belanja adalah besarnya uang yang dibelanjakan dalam 1 kali transaksi. Contohnya, bila saat ini rata-rata pelanggan anda menghabiskan 50.000 rupiah untuk berbelanja di toko anda, maka anda dapat melakukan upaya agar mereka mau membelanjakan uangnya lebih banyak lagi di toko anda dalam 1 kali transaksi.

Margin adalah persentase keuntungan anda. Bila saat ini anda hanya mendapatkan keuntungan sebesar 10 % dari omset penjualan anda, maka adakah cara agar margin keuntungan anda bertambah besar, menjadi 20 % misalnya…

Bila anda dapat menerapkan strategi-strategi yang tepat untuk menaikkan 10 % saja kinerja anda dimasing-masing langkah, maka diakhir periode anda dapat meningkatkan hingga 61 % keuntungan anda. Menarik bukan?

Sumber: http://hilmandale.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: