Cara Terefektif Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Desember 12, 2007

Oleh : Dito Anurogo, S.ked

Seorang pembaca bertanya, ”Tolong tulislah artikel mengenai cara alami memperkuat sistem kekebalan. Saya ingin menghindari pemakaian vaksin flu.”

Ini sebuah pertanyaan yang bagus karena setiap tahunnya sebanyak 40.000 orang Amerika Utara meninggal selama musim wabah flu, dan ribuan lebih masuk rumah sakit. Lalu, langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk memperkuat sistem kekebalan dan memastikan anda bisa berkegiatan di hari berikutnya? Dan tindakan apa yang dilakukan oleh perusahaan asuransi bila secara mendadak menemukan masalah kekebalan tubuh? Meningkatkan sistem kekebalan lebih rumit dibanding menurunkan kolesterol darah atau membentuk otot. Disamping itu, kuman ada di mana-mana, dan sulit untuk menghindarinya. Apalagi tidak semua kuman berada di kamar mandi.

Dr. Charles Gerber, ketua ahli mikrobiologi di University of Arizona, mengatakan bahwa pada kloset terdapat sekitar 49 kuman per inchi persegi. Pada pesawat telepon ada 25.000 dan di atas meja ditemukan 21.000 kuman pada luasan yang sama. Dan apabila seseorang menyentuh area ini, kuman dapat menempel di tubuh selama 72 jam.

Tetapi jangan lupa, bersin dapat menyebarkan kuman lebih dari itu. Sekali bersin menimbulkan 4.500 semburan yang bergerak dengan kecepatan hingga 100 mil/jam, dan dapat menyebarkan kuman hingga jarak 120 cm. Bersin inilah yang paling umum menyebarkan infeksi.

Banyak cara untuk mengembangkan kekebalan yang kuat. Langkah pertama adalah mengikuti gaya hidup sehat. Artinya, menjaga keseimbangan pola makan dengan baik dengan buah dan sayuran. Jangan lupa, konsumsi semua biji-bijian dan daging yang mengandung zat besi untuk menambah sistem kekebalan. Kurangi gula, karena virus menyukai ini.

Kita tahu bahwa orang yang kurus kering lebih rentan terkena infeksi. Begitu juga pada orang lanjut usia yang sering kekurangan vitamin B dan C. Pil multi vitamin adalah asuransi jaminan yang baik untuk memperbaiki kerentanan terhadap infeksi ini.

Aktivitas yang cukup lebih sehat dibanding olahraga yang berlebihan. Sebuah laporan dari University of California mengatakan bahwa atlit yang dilatih dengan keras, setelah (program) latihan yang padat dan pertandingan, sering mudah terserang flu. Dalam berbagai hal, aktivitas yang cukup seringkali merupakan kebijakan yang terbaik. Jika anda seorang perokok, buatlah kesepakatan untuk berhenti merokok. Studi membuktikan bahwa ketika orang me-ninggalkan kebiasaan ini, kekebalan tubuh akan meningkat dalam 30 hari kemudian.

Tetapi apa yang telah dilakukan oleh perusahaan asuransi berkenaan dengan masalah kekebalan ini? Kita semua tahu, perusahaan asuransi lebih suka menahan uangnya dari pada membayar klaim. Di tahun 2004, juru taksir asuransi menemukan sesuatu yang menarik dan aneh, sesuatu yang lebih menyenangkan. (dari sudut bisnis perusahaan)

Mereka heran ketika menemukan para pekerja di Diamond V Mills, Cedar Rapids, Iowa, jarang sakit bila dibandingkan dengan staff pimpinan dan pegawai di perusahaan serupa lainnya. Tetapi mereka tidak mempunyai gambaran bagaimana kasus ini bisa terjadi.

Pengusutan lebih lanjut menemukan bahwa perusahaan itu memproduksi pembiakan ragi untuk menjaga kesehatan ternaknya. Mereka heran apakah ini merupakan cara-cara untuk meningkatkan sistem kekebalan karyawannya, dan mereka mem-biayai suatu penelitian untuk mencari jawabnya.

Studi ini mengungkapkan bahwa darah karyawan yang be-kerja langsung pada pembiakan ragi kekebalannya meningkat dan tingkat antioksidannya lebih tinggi. Hal ini mengilhami para peneliti untuk mengembangkan pembiakan ragi versi manusia yang disebut EpiCor, hasil sebuah proses peragian yang menakjubkan.

Bagaimana cara kerja EpiCor? Dr. Ronald Klatz, Ketua American Academy of Anti-Aging Medicine, adalah seorang pengarang buku berjudul “In-fection Protection: Pandemic.” Ia mengatakan bahwa EpiCor membantu melindungi membran selaput lendir hidung dan mulut dari serangan bakteri dan virus. Itu adalah cara terbaik untuk menangkal serangan infeksi.

Inilah keampuhan tertinggi yang dimiliki sel darah putih yang secara terus menerus me-nyerang dan menghancurkan sel-sel yang tidak normal dan sel-sel yang terinfeksi virus.

Saya percaya masuk di akal untuk menggunakan setiap cara yang mungkin untuk memper-kuat kekebalan tubuh dari infeksi. Dan apa yang membuat masuk akal bagi perusahaan asuransi bisa membuat masuk akal bagi kita juga.

Sumber: http://en.epochtimes.com/news/7-11-18/62089.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: